Selasa, 10 Mei 2011

BELAJAR JADI KORUPTOR DI NTT???

PSKPM: “Your Common House for Capacity Building”
       

Beberapa waktu yang silam, Kompas mewartakan (pada headlinenya) dengan judul "BELAJAR JADI KORUPTOR DI NTT".. warta tersebut, tentu saja beralasan, karena banyak koruptor di NTT yang tdk bisa diseret di pengadilan dan dimasukan di rumah tahanan. Fenomena ini seakan terus berlanjut...
Berikut data-data tentang perilaku korupsi di seluruh wilayah NTT:
PIAR: Kasus Dugaan Korupsi Terbanyak di Rote Ndao, Paling Sedikit di Sumba Timur; Kerugian Negara Rp 217 Miliar
Ditulis oleh Hans   
Korupsi di NTT Terbanyak di Sektor Pemerintahan Disusul Sektor Pendidikan
Laporan Alex Dimoe
Kupang, NTT Online - Perkumpulan Pengembangan Inisiatif dan Advokasi Rakyat (PIAR) mengatakan selama tahun 2008 jumlah kasus dugaan korupsi terbanyak terdapat di kabupaten Rote Ndao disusul kabupaten Kupang, sedangkan jumlah kasus paling sedikit terdapat di kabupaten Sumba Timur.
Pada tahun 2008 PIAR NTT melakukan pemantauan terhadap 108 (Seratus Delapan) kasus dugaan korupsi yang terjadi di 13 Kabupaten/Kota dan 1 Provinsi.
Wilayah dimaksud meliputi Kab. Belu, Kab. TTU, Kab. TTS, Kab. Kupang, Kota Kupang, Kab. Rote Ndao, Kab. Alor, Kab. Sikka, Kab. Manggarai, Kab. Ende, Kab. Ngada, Kab. Flores Timur dan Kab. Sumba Timur.
Hasil pantauan PIAR NTT menunjukan bahwa Sebaran kasus per wilayah cukup merata dan berkisar 2 – 14 kasus. Terbanyak di Kab. Rote Ndao 14 kasus, Kota Kupang 13 Kasus, Level Prov NTT 12 kasus, kab. Kupang 11 kasus, Kab. TTS 9 kasus, Kab. Sikka 9 Kasus, Kab. Manggarai 7 kasus, Kab. Ende 6 kasus, Kab. Ngada 5 kasus, Kab. Alor 4 kasus, Kab. Belu 3 kasus, Kab. Sumba Timur 2 kasus.
Pemantauan korupsi yang dilakukan oleh PIAR NTT ini berbasiskan pada;
Pertama, kasus korupsi yang diadvokasi oleh PIAR NTT dan jaringannya.
Kedua, data korupsi Kejaksaan Tinggi NTT (Data kasus korupsi yang ditangani oleh jajaran kejaksaan di NTT selama tahun 2008).
Ketiga, media Massa (Media Cetak, Media Elektronik dan Media On-Line).
Hasil pemantauan ini dimaksudkan untuk memberikan gambaran kecenderungan penanganan kasus-kasus korupsi di NTT di NTT pada umumnya dan khususnya yang ditangani oleh jajaran kejaksaan di NTT dan tidak untuk mewakili perkembangan kasus per kasus.
Fenomena Korupsi di NTT
Kasus yang dipantau oleh PIAR NTT ini jika dilihat dari usia kasus, dapat dipilah menjadi 2 (dua) kategori, yakni: Kasus Lama dan Kasus Baru.
Kasus Lama adalah Kasus korupsi usaianya lebih dari 2 (dua) tahun (Kasus yang terjadi dari tahun 2000 S/D 2006), sedangkan Kasus Baru ialah Kasus korupsi usaianya belum mencapai dari 2 (dua) tahun (Kasus korupsi yang terjadi pada tahun 2007 dan 2008).
Dengan pengkategorian seperti ini, maka terdapat 93 (85%) kasus yang merupakan Kasus Lama dan Kasus Baru sebanyak 16 (15%) kasus.
Sektor Pemerintahan............................... 41 (37%) kasus
Sektor pendidikan................................... 12 (11%) kasus
Sektor Pengembangan kecamatan............. 10 (9%) kasus
Sektor Air Bersih...................................... 7 (6%) kasus
Sektor Perikanan & Kelautan...................... 6 (6%) kasus
sektor Perhubungan & Transportasi............. 4 (4%) kasus
Sektor Perumahan dan pertanahan.............. 3 (3%) kasus
Sektor Perikanan & Kelautan........................3 (3%) kasus
Sektor Energi & Listrik................................ 3 (3%) kasus
Sektor PEMILU/PILKADA............................ (2%) kasus
Sektor lainnya sebanyak.............................. 17 (16%) kasus
Dari 108 kasus korupsi yang dipantau oleh PIAR NTT, terdapat indikasi kerugian negara sebesar  Rp. 217.070.432.044,00 (dua ratus tujuh belas milyar tujuh puluh Juta empat ratus tiga puluh dua ribu empat puluh empat rupiah) dengan pelaku bermasalah sebanyak 352.
Dari 352 pelaku bermasalah/aktor ini terdapat 68 orang yang melakuakan pengulangan tindak korupsi.
Para Pelaku bermasalah/aktor dari 108 kasus dugaan korupsi yang dipantau oleh PIAR;
Anggota DPR............................ 172 (56%) orang
Pejabat pemda.......................... 65 orang
Pelaku swasta............................ 38 orang
PIMPRO/BENPRO........................ 16 orang
Pelaksanan Program PPK/Dana Bantuan Lainnya........... 9 orang
Pejabat PDAM masing-masing......... 9 orang
Bupati ........................................6 orang
Panitia Tender............................. 6 orang
Pelaksana Pemilu/Pilkada................ 6 orang
Pejabat Bank............................... 3 orang
Peneliti, anggota parpol, camat, kades........................18 orang.
Modus operandi yang dipergunakan oleh para pelaku bermasalah dalam tindak korupsi dapat diperincikan sebagai berikut;
Manipulasi ..................................33 Kasus
Mark-Up.....................................30 kasus
Penggelapan...............................25 kasus
Penyimpangan anggaran...............14 kasus
Penciptaan Mata anggaran Baru......4 kasus
Mark-Down..................................2 kasus.
Kinerja Jajaran Kejaksaan
Sepanjang tahun 2008 jajaran Kejaksaan di Nusa Tenggara Timur telah menangani 96 (Sembilan Puluh Enam) kasus korupsi dan 36 (Tiga Puluh Enam) Kasus diantaranya “telah dimajukan” untuk disidangkan.
Kinerja dari jajaran kejaksaan di NTT sebagaimana yang tertera dalam tabel menunjukan bahwa dari 14 Kejari di NTT, empat kejari sama sekali belum membawa satu perkara korupsi pun ke pengadilan. Selain itu, ada dua dari empat kacabjari yang juga prestasinya nol.
Itu berarti, ada empat kejari dan dua Kacabjari di NTT yang tidak memenuhi indikator kinerja kejaksaan yang mengharuskan agar setiap jajaran kejaksaan di Indonesia harus mampu menangani kasus korupsi sampai ke ruang Persidangan (Tahap penuntutan) dengan pola 5-3-1 (NB: lima perkara korupsi untuk tingkat Kejati, tiga untuk Kejari dan satu untuk Kacabjari).
Indikator Kinerja kejaksaan ini telah dipadukan dengan 11 indikator lainnya dan ditetapkan di Ciloto tanggal 7 Desember 2005 dan telah dibakukan dengan Surat JAMPIDSUS No. B-11/FD/F.1/02/2006 tanggal 10 Februari 2006.
Dari data tabel ini, dapat dilihat juga bahwa sebenarnya 36 kasus dugaan korupsi yang ditangani oleh jajaran kejaksaan di NTT sampai ke proses persidangan ini patut diuji kebenarannya. Karena dalam satu kasus korupsi di NTT bisanya dipecah-pecah (SPLIT) dalam beberapa berkas perkara terpisah dengan alasan untuk memudahkan penyidikan.
Hasil pantauan PIAR NTT menunjukan bahwa Split Kasus yang dilakukan oleh Aparat Hukum di NTT diduga cendrung melindungi pejabat/petinggi yang terindikasi melakukan tindak korupsi.
Buktinya Berkas Perkara Gubernur NTT dalam kasus proyek pengadaan SARKES tahun 2003 masih di tangani oleh pihak POLDA NTT dengan status tersangka, sedangkan Benediktus Tuluk, PIMPRO Sarkes, sudah divonis penjara sejak tahun 2005.
Begitu juga dengan pihak Kejari Kupang yang hanya mampu menyidangkan berkas Sandra Lumi, Koordinator pelaksana Firma Antares Jakarta, dalam kasus yang sama, yakni SARKES.
Sedangkan berkas perkara dari 4 (empat) pelaku bermasalah lainnya yang sudah memperoleh satatus tersangka semakin tidak jelas perkembangan penanganannya.
Hal yang sama juga terjadi dalam Kasus Dana Beasiswa Biro Kepegawaian Prov NTT tahun 2003. Dalam kasus yang ditangani oleh pihak Kejari Kupang ini,  terdapat 3 (tiga) pelaku bermasalah.
Dalam proses penegakan hukumnya, Arnold Nitjano (BENPPRO) sudah divonis bersalah sejak 7 Agustus 2006 dengan hukuman penjara selama 1 tahun, denda Rp.10 juta, subsider 4 Bulan.
Sedangkan berkas Perkara dari Anton Sanga (PIMPRO) baru dilimpahkan ke-PN Kupang  pada tanggal 17 Januari 2008 dan telah divonis bersalah dan sekarang mengajukan banding.
Berkas perkara dari pelaku bermasalah dengan status tersangka dari Kasus Dana Beasiswa Biro Kepegawaian Prov NTT tahun 2003 masih dibiarkan mengendap.
Persoalan lain berkaitan dengan penerapan pola 5-3-1 yang mewajibkan kejati menyelesaikan lima kasus korupsi, kejari tiga kasus, dan cabjari satu kasus adalah kinerja dari jajaran kejaksaan di NTT terkesan hanya sekedar mengejar target pemenuhan kuantitas.
Walaupun demikian, secara kuantitas jajaran kejaksaan di NTT patut mendapat “Rapor Merah”, sebab jika mempergunakan indikator 5-3-1, maka jajaran kejaksaaan di NTT seharusnya ada 51 kasus yang ditangani sampai ke ruang Persidangan (Tahap penuntutan), bukannya 36 kasus. Pembenaran lain berkaiatan dengan kinerja dari jajaran kejaksaan di NTT terkesan hanya sekedar pemenuhan kuantitas, yakni sampai dengan saat ini uang negara yang berhasil diselamatkan tidak juga dipublikasikan.
Hasil pantauan PIAR NTT di Rote Ndao menunjukan bahwa terdapat 14 kasus dugaan korupsi yang sangat menarik perhatian publik karena sudah “berulang tahun” dan diduga melibatkan “Top Leader”. Ironisnya, yang ditangani oleh pihak Kejari Rote Ndao hanya 7 kasus dan hanya 2 kasus yang masuk ke proses persidangan.
Itupun, dalam proses penegakan hukumnya belum berani menyentuh secara berarti para “Top Leader”.
Realitas seperti ini menunjukan bahwa jajaran kejaksaan di NTT masih “tebang-pilih” dalam penuntasan kasus.
Indikator selanjutnya yang harus dicermati dalam mengukur kinerja dari jajaran kejaksaan di NTT adalah target penanganan perkara mulai dari tahap penyidikan hingga pelimpahan berkas perkara paling lambat 6 bulan dan indikator yang mengharuskan semua tunggakan perkara korupsi  yang ada di Kejati dan Kejari agar dituntaskan selama 3 bulan.
Indikator ini patut diduga tidak di “Gubris” oleh jajaran kejaksaan di NTT, sebab fakta yang terjadi di NTT banyaknya kasus dugaan korupsi yang “berulang tahun”.
Hal ini dipertegas dengan temuan PIAR NTT dalam pemantauannya terhadap 108 kasus, dimana terdapat 93 (85%) kasus yang merupakan Kasus Lama atau Kasus yang terjadi dari tahun 2000 S/D 2006 dan 60%-nya ditangani oleh jajaran kejaksaan di NTT.
Jajaran kejaksaan juga dalam salah satu indikatornya yang dipakai untuk menilai keberhasilannya, diharuskan untuk meningkatkan kerjasama dengan Polda dan instansi lainnya.
Pertemuan reguler antara instansi terkait paling sedikit 6 kali/setahun, adanya MoU dengan Polda dan instansi terkait, terbentuknya forum komunikasi antar instansi.
PIAR NTT dalam pemantauannya menemukan bahwa Jajaran kejaksaan di NTT telah melakukan MoU dengan pihak POLDA dan BPKP. Bahkan jajaran kejaksaan di NTT sudah menjalin kerjasama dengan KPK (Komisi Pemberantasan Korupsi).
Namun dalam implementasinya harus dikatakan bahwa belum berjalan maksimal. Sebagai contoh: BPKP Perwakilan Nusa Tenggara Timur sampai dengan periode Agustus 2008 telah melimpahkan ke pihak Kejaksaan sebanyak 65 laporan dengan nilai kerugian negara Rp. 32.161.685.135,23,- namun pihak jajaran kejaksaaan di Nusa Tenggara Timur belum menindaklanjuti semua hasil temuan BPKP ini.
Contoh yang sejenis juga terjadi ketika jajaran Kepolisian di NTT dan Jajaran Kejaksaan di NTT terkesan saling rebutan untuk menangani kasus dugaan korupsi seperti yang terjadi pada saat proses penegakan hukum kasus korupsi APBD sumba Timur TA.2007 dan Kasus 20 proyek pembangunan perkantoran di Kab. Kupang.
 Baca pada Link berikut:

Korupsi 

Manggarai - Ketua DPRD Kabupaten Manggarai, Nusa Tenggara Timur, Ongge Yohanes ditahan ... Setelah menuntaskan kasus korupsi penggunaan dana BOS, Rabu (10/12) mendatang PN ... Centre of Information and Data for Anti Corruption (CIDAC) .www.infokorupsi.com/id/korupsi.php/?&p=YThE= -

[PDF]  Jaksa Tetapkan Kasek SMPN 1 Borong Jadi Tersangka
15 Sep 2009 ... Santas diduga kuat melakukan korupsi dana biaya operasional ... penyimpangan dana BOS tahun 2008 di sekolah tersebut," kata ... penyelidikan telah dilakukan, temasuk mengambil alat bukti seperti surat-surat daftar murid dan bukti lain. ... siswa miskin Kabupaten Matim dengan kuota 225 orang periode ...nttonlinenews.com/ntt/index.php?view=article%3B...id...

Jaksa Minta Data Penerima Bos | maumere.hpkomputer.com

20 Apr 2011 ... Jaksa Minta Data Penerima Bos maumere.hpkomputer.com ... 3 Warna Flotim Larantuka Ende Ruteng Manggarai Mbay Solor Adonara Lembata ... Singkat tentang Kabupaten Sikka ... dan puldata kasus dugaan korupsi dana bansos Rp 10,7 miliar. ... DPRD Sikka telah membentuk Pansus menangangi kasus dana bansos ...
maumere.hpkomputer.com/.../jaksa-minta-data-penerima-bos/ -


Kepsek SMPN I Borong Tersangka - Timor Express - Cerdas dan Konsisten 

12 Sep 2009 ... Angglus diduga menggelapkan dana BOS untuk item beasiswa siswa miskin (BSM) ... Penyidik sudah mengamankan barang bukti seperti dokumen administrasi, daftar murid dan alat bukti lainnya. ... siswa dan jumlah dana untuk beasiswa siswa miskin Kabupaten Manggarai ... Tiga Terdakwa Korupsi Divonis Bebas .www.timorexpress.com/index.php?act=news&nid=36214 -

  1. Korupsi di Kabupaten Manggarai - Korupsi Di Indonesia

    9 Mei 2011 ... Korupsi di Kabupaten Manggarai. Korupsi Pengadaan Bodi Kapal, Kadishutbun Manggarai ... Sentra Informasi dan Data untuk Anti Korupsi (SIDAK) ...
    www.infokorupsi.com › BerandaNusa Tenggara Timur - Tembolok
  2. Korupsi di Kabupaten Manggarai Barat - Korupsi Di Indonesia

    8 Mei 2011 ... Sejak 01 April 2009. Korupsi di Kabupaten Manggarai Barat ...
    www.infokorupsi.com › BerandaNusa Tenggara Timur
  3. Korupsi di Kabupaten Sumba Tengah - Korupsi Di Indonesia

    9 Mei 2011 ... Sejak 01 April 2009. Korupsi di Kabupaten Sumba Tengah ...
    www.infokorupsi.com › BerandaNusa Tenggara Timur
  4. Korupsi di Kabupaten Manggarai Timur - Korupsi Di Indonesia

    8 Mei 2011 ... Sejak 01 April 2009. Korupsi di Kabupaten Manggarai Timur ... Sentra Informasi dan Data untuk Anti Korupsi (SIDAK) ...
    wartakorupsi.com/id/geo-korupsi.php?...kabupaten-manggarai... -
  5. Korupsi di Kabupaten Sumba Barat Daya - Korupsi Di Indonesia

    8 Mei 2011 ... Sejak 01 April 2009. Korupsi di Kabupaten Sumba Barat Daya ... Korupsi di Kabupaten Lembata · Korupsi di Kabupaten Manggarai · Korupsi di Kabupaten Manggarai Barat ... Sentra Informasi dan Data untuk Anti Korupsi (SIDAK) ...
    infokorupsi.org/id/geo-korupsi.php?ac=531&l=kabupaten... -
  6. Kejari Ruteng Endus 4 Kasus Korupsi - Pos Kupang

    24 Feb 2011 ... Kejari Ruteng Endus 4 Kasus Korupsi. Laporan Kanis Lina Bana ... dugaan korupsi, kolusi dan nepotisme (KKN) di Kabupaten Manggarai dan Manggarai Timur. ... dan mendalami beberapa data terkait dugaan KKN empat kasus. ...
    kupang.tribunnews.com/.../kejari-ruteng-endus-4-kasus-korupsi - Tembolok
  7. PILKADA DANA PILKADA Ketua KPUD Manggarai Dinilai Cukup - Suara ...

    21 Nov 2005 ... Sebab, Ketua KPUD Manggarai Fransikus Aci dan anggotanya Florentius Deby ... data terkait dugaan korupsi dana pilkada Kabupaten Manggarai. ...
    www.suarakarya-online.com/news.html?id=127864 -
  8. Korupsi Di Indonesia

    7 Mei 2011 ... Dugaan Korupsi: Pinjaman di APBD Kabupaten Ende NTT Diminta Diproses Hukum ... Korupsi di Kabupaten Lembata · Korupsi di Kabupaten Manggarai · Korupsi di Kabupaten ... Sentra Informasi dan Data untuk Anti Korupsi (SIDAK) ...
    korupsiriau.com/id/geo-korupsi.php?ac=527...kabupaten... 
  9. Korupsi di Kabupaten Sikka

    6 Mei 2011 ... Korupsi di Kabupaten Sikka. Terkait Kasus Korupsi Dana Bansos, Bupati Mutasi Tiga Pejabat Sikka ... Korupsi di Kabupaten Lembata · Korupsi di Kabupaten Manggarai ... Sentra Informasi dan Data untuk Anti Korupsi (SIDAK) ...
    wartakorupsi.net/id/geo-korupsi.php?ac=269&l=kabupaten... -
    1. Penyelidikan Kasus Pencemaran Nama Baik Sebaiknya Ditunda

      24 Mar 2011 ... Gunakan tool ini untuk mencari data Ombudsman, sesuai kebutuhan Anda .... dugaan korupsi dalam proyek ubi aldira di Kabupaten Manggarai ...
      www.ombudsman.go.id/Website/detailArchieve/484/id
    2. FRANS ANGGAL: Di Balik Catut Nama Kajari

      27 Feb 2011 ... Data Indonesia Procurment Watch (IPW) sepanjang 2001- 2006 memperlihatkan, setiap tahun hampir 60% ... Padahal, Manggarai Timur itu kabupaten baru. Namanya juga sistemik dan endemik, korupsi tidak kenal lama dan baru. ...
      frans-anggal.blogspot.com/2011/.../di-balik-catut-nama-kajari.html -
    3. Kasus Korupsi Dilaporkan ke KPK - Timor Express - Cerdas dan Konsisten

      25 Nov 2008 ... RUTENG, Timex - Tiga kasus korupsi di Kabupaten Manggarai ... murni akibat tidak lengkapnya data sehingga dinilai polisi tidak menangani. ...
      www.timorexpress.com/index.php?act=news&nid=28022 -
    4. Website Pemerintah Provinsi NTT - OMBUDSMAN TUNDA PENYELIDIKAN ...

      14 Jan 2011 ... "Tindakan saudara Matheus Hamsi dengan melaporkan dugaan korupsi dalam proyek ubi aldira di Kabupaten Manggarai Barat adalah sejalan dengan ...
      nttprov.go.id/provntt/index.php?option=com_content... -
    5. Kabupaten Manggarai Timur | Facebook

      Kabupaten Manggarai Timur - ayo buat semua orang maritim gabung kesini | Facebook. ... LOWONGAN KERJA DATA ENTRY.. Dibutuhkan karyawan untuk bekerja part time ... bui krn tersandung kasus korupsi. kenapa mereka korupsi? kurang kah gaji ...
      www.facebook.com/.../Kabupaten-Manggarai.../105704109462147
    6. Korupsi di Kabupaten Ngada - Korupsi Di Indonesia

      9 Mei 2011 ... Sejak 01 April 2009. Korupsi di Kabupaten Ngada ... Korupsi di Kabupaten Lembata · Korupsi di Kabupaten Manggarai · Korupsi di Kabupaten Manggarai Barat ... Sentra Informasi dan Data untuk Anti Korupsi (SIDAK) ...
      infokorupsi.net/id/geo-korupsi.php?ac=270&l=kabupaten... 
    7. Korupsi Di Indonesia

      5 Mei 2011 ... Kejari Ruteng Manggarai Ukir Prestasi sebagai Institusi Bebas Korupsi ... Korupsi di Kabupaten Lembata · Korupsi di Kabupaten Manggarai · Korupsi di Kabupaten ... Sentra Informasi dan Data untuk Anti Korupsi (SIDAK) ...
      infokorupsi.net/id/geo-korupsi.php?ac=562&l...nusa...
    8. Korupsi di Kabupaten Flores Timur - Korupsi Di Indonesia

      6 Mei 2011 ... Sejak 01 April 2009. Korupsi di Kabupaten Flores Timur ... Korupsi di Kabupaten Lembata · Korupsi di Kabupaten Manggarai · Korupsi di Kabupaten Manggarai Barat ... Sentra Informasi dan Data untuk Anti Korupsi (SIDAK) ...
      infokorupsi.org/id/geo-korupsi.php?ac=268&l=kabupaten... 
       
       PIAR: Kasus Dugaan Korupsi Terbanyak di Rote Ndao, Paling Sedikit ...
      1. 20 Jan 2009 ... TTS 9 kasus, Kab. Sikka 9 Kasus, Kab. Manggarai 7 kasus, Kab. ... Kedua, data korupsi Kejaksaan Tinggi NTT (Data kasus korupsi yang ...
        www.nttonlinenews.com › HomeHead Line News - Tembolok
      2. PILKADA AUDIT DANA PILKADA KPUD Bantah Temuan Banwas - Suara Karya ...

        1 Nov 2005... dugaaan korupsi dana bagi penyelengaraan pilkada Kabupaten Manggarai, ... pihak menjadi data awal terhadap dugaan KKN di KPUD Manggarai. ...
        www.suarakarya-online.com/news.html?id=125955 - Tembolok
      3. KOMHUKUM.com ::: Penyelidikan Kasus Pencemaran Nama Baik Sebaiknya ...

        13 Jan 2011 ... "Tindakan saudara Matheus Hamsi dengan melaporkan dugaan korupsi dalam proyek ubi aldira di Kabupaten Manggarai Barat adalah sejalan dengan ...
        www.komhukum.com/kriminal-feed-787 - Tembolok
      4. Korupsi di Provinsi Nusa Tenggara Timur - Korupsi Di Indonesia

        8 Mei 2011... Korupsi di Kabupaten Lembata · Korupsi di Kabupaten Manggarai ... Sentra Informasi dan Data untuk Anti Korupsi (SIDAK) ...
        infokorupsi.org/id/geo-korupsi.php?ac=562&l...nusa... - Tembolok
      5. Korupsi di Kabupaten Sumba Timur - Korupsi Di Indonesia

        6 Mei 2011 ... Sejak 01 April 2009. Korupsi di Kabupaten Sumba Timur ... Korupsi di Kabupaten Lembata · Korupsi di Kabupaten Manggarai · Korupsi di Kabupaten Manggarai Barat ... Sentra Informasi dan Data untuk Anti Korupsi (SIDAK) ...
        infokorupsi.net/id/geo-korupsi.php?ac=262&l=kabupaten... - Tembolok
      6. Tuntaskan Korupsi Sektor Sumber Daya Alam di Indonesia | Satu Portal

        26 Apr 2010 ... LOGIN BOX DAFTAR BARU ... untuk pertambangan di Kabupaten Manggarai Barat dan Kabupaten Manggarai, Nusa Tenggara Timur; Kasus dugaan korupsi ...
        www.satuportal.net › GroupsEkonomi Kerakyatan - Tembolok
      7. [PPT]

        Download - Watch Terminal

        Jenis Berkas: Microsoft Powerpoint - Versi HTML
        Data BPS NTT Tahun 2006, menunjukan bahwa di NTT terdapat 952.508 RT yang mana 75,45% ... Kab. Alor. 13. Kab. TTU. 6. Kab. Belu. 12. Kab. Manggarai. 5. Kab. TTU ... Ngada, Kasus Proyek Pemeliharaan jalan di Kab. Sika, Kasus Korupsi Dana ...
        www.watchterminal.net/component/option,com_docman/task.../lang,id/
      8. Evaluasi Kinerja Kabinet SBY-Boediono dalam Pengelolaan Aset Alam ...

        Minimnya kesejahteraan masyarakat dikuatkan dengan data dimana ada 5,5 juta ... dan Kabupaten Manggarai, Nusa Tenggara Timur; Kasus dugaan korupsi pada SP3 ...
        www.kiara.or.id/.../evaluasi-kinerja-kabinet-sby-boediono-dalam-pengelolaan-aset-alam-dan-penanggulangan-bencana - Tembolok
      9. Kejari Manggarai Pertimbangkan Permohonan Pinjam Mobil Sitaan

        12 Sep 2006 ... Ruteng - Permohonan Pemerintah Kabupaten Manggarai, di Pulau Flores, Nusa Tenggara ... Sentra Informasi dan Data untuk Anti Korupsi (SIDAK) ...
        infokorupsi.com › ... › Nusa Tenggara TimurKabupaten Manggarai - Tembolok
       
       
       

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar